Adeksi Tanam Pohon di Bogor

  Jumat, 09 Desember 2016   Adi Ginanjar Maulana
Sejumlah anggota pramuka menanam pohon di Taman Adeksi, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (8/12).(Antara)

BOGOR, AYOBOGOR.COM--Asosiasi DPRD Kota seluruh Indonesia (ADEKSI) melakukan penghijauan dengan menanam pohon di Hutan Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menilai penghijauan tersebut sebagai satu pesan pemerintah bagi pemerintah daerah lainnya agar kembali ke alam (back to nature).

"Hutan Kota Bogor dibuat dengan harapan agar burung-burung kembali datang dan menemukan dunianya, menjadikan ekosistem baru bagi kehidupan satwa burung," katanya.

Menurut dia, sebelum tahun 1950, jumlah spesies burung di Kota Bogor terdapat 97 jenis. Seiring perkembangan kota, pertumbuhan penduduk, jumlah burung berkurang saat ini kurang dari 50 jenis burung yang eksis.

"Burung merupakan satwa indikator, hilangnya populasi dan jenis burung menandakan ada yang salah dengan lingkungan sekitar," kata Bima.

Sebagai bentuk apresiasi atas kepedulian Adeksi melakukan penghijauan di Hutan Kota Bogor, Bima mendedikasikan nama Taman Adeksi. Karena untuk pertama kalinya dilakukan penanaman secara beramai-ramai.

Politisi PAN tersebut berharap, ada jejak dari anggota Adeksi, bagi para anggota dewan nantinya walau tidak lagi menjawab dapat kembali ke Kota Bogor dan melihat tanaman yang telah ditanam.

BKPP I Jawa Barat, Supriyanto mengapresiasi langkah Adeksi menghijaukan Hutan Kota sebagai salah satu sejarah, dan bentuk pengabdian bagi warga Kota Bogor.

"Bentuk pengabdian ini dapat dilanjutkan oleh kota-kota lain di Indonesia," katanya.

Ketua Adeksi Pusat, Armuzi menambahkan, penghijauan dilakukan harus bersifat inovatif dan dapat dikenang masyarakat Kota Bogor.

Dengan menanam pohon diharapkan ADEKSI akan dikenang telah mengukir sejarah yang akan bermanfaat bagi anak, cucu, warga Kota Bogor.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar