Pakar ITB: Waspada Serangan Hama Cabai

  Jumat, 09 Desember 2016   Adi Ginanjar Maulana
Seorang buruh tani memanen cabai rawit di lahan pertanian Desa Perbawati, Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (7/12/2016).(Antara)

BOGOR, AYOBOGOR.COM--Departemen Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian IPB mengimbau petani cabai khususnya di wilayah Jawa Barat untuk mewaspadai serangan hama Antranoda yang membludak di tahun 2017.

"Tahun 2017 ada dua hama yang akan menyerang tanaman cabai yakni Antranoda dan Virus Kuning," kata Ketua Departemen Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian IPB, DR Suryo Wiyono, Jumat (9/12/2016).

Ia mengatakan, untuk wilayah Jawa Barat dominan Antranoda karena curah hujan sepanjang 2017 berdasarkan prakiraan BMKG cukup tinggi, begitu juga Jawa Tengah, di Jawa Timur juga agak lebih tinggi, sedangkan di wilayah Sumatera tetap.

Menurut, serangan hama Antranoda sangat serius, bahkan sudah terjadi di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Karena musim hujan yang terjadi sampai pertengahan tahun ini.

"Antranoda lebih serius dibanding tahun sebelumnya," katanya.

Berbeda dengan virus kuning, lanjutnya, memang terus meningkat di beberapa wilayah, dan belum bisa dihentikan karena teknologi yang dikembangkan belum sampai ke petani.

"IPB tidak punya tangan sampai ke desa-desa," katanya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar