Umbar Janji Palsu, Anggota Dewan Kota Bogor Tersangka Penipuan

  Rabu, 26 April 2017   Adi Ginanjar Maulana
Ilustrasi kejahatan.(Pixabay)

BOGOR, AYOBOGOR.COM--Seorang anggota DPRD Kota Bogor berinisial KS ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penipuan. KS diduga tak mengembalikan uang hasil pinjaman yang bernilai ratusan juta.

Pengungkapan kasus ini bermula dari laporan dua oramg berinisial ML dan RJ pada tahun lalu. Keterangan pelapor, KS menjanjikan bakal mengembalikan uang pinjaman setelah mendapat 'jatah preman' sebagai anggota dewan atas sejumlah proyek yang belakangan diketahui fiktif.

Untuk meyakinkan, politisi Partai Amanat Nasional ini menunjukan daftar sejumlah kegiatan APBD perubahan tahun 2015 abal-abal. KS juga disebut berkerja sama dengan salah satu pejabat pembuat komitmen (PKK) di Kota Bogor.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polresta Bogor, Komisaris Polisi Condro Sasongko, mengatakan KS mengklami mendapat sejumlah jatah proyek di bernagai dinas, antara lain Dinas Bina Marga, Dinas Pengawasan Bangunan dan Permukiman, dan Dinas Perhubungan.

“Terlapor meminta uang kepada pelapor, ML dan RJ, dengan jaminan pekerjaan proyek di dinas tersebut. Sejauh ini, hasil pemeriksaan bahwasannya proyek tersebut fiktif,” kata Condro, Selasa (25/4/2017) malam.

Terkena bualan KS, ML dan RJ mrnyerahkan sejumlah uang dengan nominal berbeda. ML menyerahkan uang sebesar Rp70 juta, sedangkan RJ Rp110 juta. Keduanya mulai curiga ketika KS sulit ditemui.

"Dia beralasan dana sejumlah proyek tersebut belum terserap," katanya. Selain itu, KS juga disebut menjanjikan proyek kepada ML dan RJ.

Sejauh ini Sat Reskrim Polresta Bogor telah mendapatkan keterangan dari sejumlah saksi. Kasus tersebjt kini berada dalam tahap pnyidikan. Sementara KS disebut mengakui sejumlah utang yang disangkakakan.(Hengky Sulaksono)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar