Sehari Menjelajah Taman-Taman Cantik di Kota Bogor dengan Berjalan Kaki

  Jumat, 02 Februari 2018   Husnul Khatimah
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

BOGOR, AYOBOGOR.COM -- Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Bogor di bawah kepemimpinan Bima Arya adalah memperkenalkan kota hujan menjadi kota pejalan kaki, kota pelari, dan kota seribu taman. Dalam mewujudkan harapan itu, Bima membangun pedestrian dan merevitalisasi taman kota.

Kini beberapa taman yang direvitalisasi itu sudah dapat dinikmati keindahannya. Yang menarik lagi, taman-taman itu memungkinkan untuk kamu jelajahi dengan cara berjalan kaki, terkhusus untuk taman yang berada di seputaran Kebun Raya dan Istana Bogor. Bagi kamu yang ingin berjelajah taman-taman yang berada di jantung Kota Bogor itu, berikut ayobogor hadirkan ulasannya.

 

#1 Taman Topi

Jelajah taman pertama diawali dengan mengunjungi Taman Topi. Tak jauh dari stasiun Bogor, yang menjadi salah satu pintu masuk para pelancong ke kota hujan.

Taman Topi merupakan taman legendaris di kota Bogor. Konon, taman ini telah dibangun sejak masa pendudukan Belanda, tepatnya bersamaan dengan pembangunan Stasiun Bogor.

Merujuk namanya, di taman ini terdapat bangunan-bangunan unik yang menyerupai topi. Selain itu, di sekitar kawasan taman ini juga terdapat Taman Ade Irma Suryani. Di taman ini banyak terdapat wahana permainan anak seperti kereta kayuh, helicopter, hingga gajah terbang. 

#2 Taman Peranginan

Taman peranginan berada tak jauh dari Istana Bogor. Letaknya yang berada di tepi jalan membuat taman ini sering disinggahi warga untuk menghilangkan letih. Disebut Taman Peranginan karena memang di taman ini embusan angin bakal lebih terasa dibandingkan dari tempat lainnya. Soalnya, Taman Peranginan berada di daerah ketinggian.

Selain menikmati semilir angin, dari ketinggian Taman Peranginan ini kamu juga akan disuguhkan pemandangan permukiman warga Kota Bogor yang berada persis di bawah taman ini. 

#3 Taman Kaulinan

Taman Kaulinan merupakan sebuah taman yang dikonsep untuk bermain anak-anak. Di sini banyak tersedia wahana permainan anak seperti seluncuran, ayunan, rel kereta api, dan wahana-wahana menarik lainnya.

Meski diramaikan oleh wahana permainan anak, tapi jangan salah, di sini kamu yang bukan anak-anak masih cocok nongkrong di sini. Di taman ini kamu bisa bersantai sambil mendengarkan suara merdu aliran Sungai Ciliwung karena Taman Kaulinan persis berada di piggiran sungai. 

#4 Taman Ekspresi 

Sama dengan Taman Kaulinan, taman ini berada di kawasan Lapangan Sempur. Taman Ekspresi  biasanya ramai oleh anak-anak muda Kota Bogor. Tak jarang juga di tempat ini diadakan acara-acara komunitas dan hiburan karena taman ini memang  menyerupai panggung sehingga cocok untuk dijadikan lokasi acara.

Salah satu yang menarik pada Taman Ekpresi adalah jajaran tangga-tangga yang dihiasi lampu-lampu kecil yang terlihat menyerupai cahaya lilin di malam hari. 

#5 Taman Kencana

Beranjak dari Lapangan Sempur, di Jalan Salak ada Taman Kencana yang juga merupakan taman legendaris di Kota Bogor. Taman ini hanya berukuran setengah lapangan bola dan banyak terdapat bangku taman.

Bila libur telah tiba, taman ini biasanya dipenuhi para pelancong. Pelancong-pelancong itu datang ke Taman Kencana untuk menikmati kuliner-kuliner yang berada di sekitar kawasan taman. 

#6 Taman Bogoh Ka Bogor

Taman ini merupakan taman anyar di Kota Bogor. Dengan namanya yang kekinian, taman yang luasnya hanya sebesar lapangan bola ini bisa menjadi salah satu taman nge-hits dan viral di jagat media sosial.

Taman ini sebenarnya sama saja dengan taman-taman lainnya yang ada di Kota Bogor di mana pada kawasan taman terdapat pepohonan, rerumputan hijau, dan bangku taman. Namun, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, namanya yang bikin baper akan mengundang minat pengunjung, khususnya 'kids jaman now' untuk nongkrong di sekitaran taman atau hanya sekedar berswafoto di tugu taman.

#7 Taman Meksiko

Taman Meksiko berada di kawasan Kebun Raya Bogor. Taman ini dikonsep untuk berbagai tumbuhan sekulen atau tumbuhan yang tahan di daerah kering seperti kaktus. Selain tumbuhan kering, disini juga banyak ornamen yang menunjukkan ciri khas Meksiko.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar