Agrowisata Gunung Mas Bakal Punya Batik Sendiri

  Sabtu, 03 Februari 2018   Husnul Khatimah
Agrowisata Gunung Mas, Puncak, Kabupaten Bogor. (ayobogor/Husnul Khatimah)
 
 
 
Selamat datang di Jawa Barat,

Informasi ini dipersembahkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Diparbud) Provinsi Jawa Barat.

Supported by: Ayo Media Network

PUNCAK, AYOBOGOR.COM -- Setelah sukses menghadirkan Kampung Batik, Agrowisata Gunung Mas Tea Hills dalam waktu dekat bakal mempunyai motif batik khas bercorak pemandangan bentangan alam kawasan wisata tersebut.

"Ke depan Kampung Batik Gunung Mas ini selain menjadi sentra batik juga akan menghasilkan batik dengan nama motif Riung Gunung. Hal ini akan menjadi khas batik kami," ujar Manajer Agrowisata N8 Dudih Setiadi kepada ayobogor, Sabtu (3/2/2018).

Dudih menjelaskan, motif batik Riung Gunung terinspirasi dari pemandangan alam di kawasan Gunung Mas sendiri, di mana tempat wisata yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara VIII ini dikelilingi oleh pegunungan yakni Gunung Pangrango dan Gunung Gede.

"Riung adalah bahasa Sunda yang artinya adalah keliling. Jadi karena dikelilingi gunung-gunung dan hamparan kebun teh maka kita namakan motif batik Riung Gunung," terang Dudih.

Sementara itu, Manager Perkebunan Gunung Mas, Hikmat Agustian menuturkan, konsep dari motif batik Riung Gunung saat ini masih belum sepenuhnya rampung, tapi yang pasti nantinya pada motif batik itu akan ada ukiran kebun teh dan gunung.

"Konsep batiknya ada gambar gunung dan daun teh di situ, tapi belum final, bentuknya seperti apa. Sementara masih terpikirnya gunung dan daun teh," ucap Hikmat.

Hikmat menambahkan, motif Riung Gunung ini akan betul-betul melambangkan Gunung Mas dan mudah diingat oleh masyarakat. Ke depan motif batik ini akan dikembangkan oleh masyarakat dan karyawan Gunung Mas yang saat ini tengah berproses menjadi pengrajin batik. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar