Pencak Silat Sebagai Pemersatu Masyarakat

  Selasa, 29 Mei 2018   Adi Ginanjar Maulana
Aher: Pencak Silat Pemersatu Masyarakat Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan saat bicara dalam pelantikan pengurus Persaturan Pencak Silat Indonesia di Gedung Pakuan, Bandung, Selasa (29/5). (Ist)

BANDUNG, AYOBOGOR.COM—Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan alias Aher, mendorong pelaku dan tokoh pencak silat di Jawa Barat agar terus melestarikannya. Bahkan, diharapkan perguruan pencak silat ada di setiap desa dan menjadi alat pemersatu masyarakat.

“Keunikan-keunikan budaya itu harus dikembangkan. Kalau ini (pencak silat) dikembangkan, akan luar biasa. Menyatukan masyarakat lewat budaya, kegunaan untuk bela diri dan bela negara, juga untuk kesehatan,” ujar pria yang akrab disapa Aher ini seperti dikutip ayobandung.com saat kegiatan sahur bersama dan pelantikan pengurus Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) di Gedung Pakuan, Bandung, Selasa (29/5/2018).

AYO BACA : Rita Suwanda Mengelilingi Dunia Demi Pencak Silat

Pencak silat asal Jabar sendiri terbilang unik dan memiliki ciri khasnya tersendiri. Pasalnya, pencak silat di tanah Pasundan kerap menggunakan alat musik tradisional seperti kendang, tarompet, gong, dan kecrek sebagai irama pengiringnya.

“Ini (pencak silat) harus dipelihara. PPSI itu dasarnya budaya. Kalau IPSI dasarnya olahraga,” ujar Ketua Dewan Pembina PSSI, Uu Rukmana.

Uu berharap pelestarian pencak silat ini bisa didukung melalui pendidikan. Artinya, setiap sekolah berbagai tingkatan menjadikan pencak silat sebagai salah satu kurikulum mata pelajaran.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar