Akibat Kesulitan Air, Jenazah Dimandikan Pakai Air Galon

  Rabu, 11 September 2019   Andres Fatubun
Ilustrasi jenazah.

CISARUA, AYOBOGOR.COM -- Krisis air akibat musim kemarau panjang terus terjadi di Kabupaten Bandung Barat. Kejadian memilukan akibat kesulitan air bersih bahkan dialami warga di Kampung Sindangsari, RT 04/08, Desa Pasirhalang, Kecamatan Cisarua, yang terpaksa memandikan jenazah dengan air galon.

Ketua RW 08, Kampung Sindangsari, Asep Suhendar menuturkan untuk kebutuhan air bersih, warga kampung mengandalkan suplai bantuan mobil tangki PDAM atau Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat. Jika tidak ada bantuan, maka dipastikan warga membeli air galon yang jaraknya kurang lebih 1 kilometer dari kampung.

"Hari Senin (9/9/2019) itu memang sudah empat hari bantuan tangki nggak datang. Kemudian ada warga yang meninggal juga," ungkap Asep, Rabu (11/9/2019).

Karena di kampung tidak ada sedikitpun air bersih untuk mandi jenazah, warga berinisiatif mengangkut air bersih dari kampung terdekat menggunakan galon. "Iya ada airnya di Kampung Cipamototan jaraknya sekitar 500 meter dari Kampung Sindangsari. gotong royong saja warga angkut pakai galon," katanya.

AYO BACA : PLN Sudah Berikan Kompensasi, Begini Cara Mengeceknya

Menurut dia, ketiadaan air bersih di kampungnya, sudah terjadi selama empat hari akibat belum adanya kiriman. Padahal selama tiga hari warga kerap mendapat kiriman air bersih dan pengiriman itu sudah terjadi selama musim kemarau.

"Di sini lagi krisis air bersih, tapi biasanya suka ada kiriman dari PDAM. Namun saat ada warga yang meninggal dunia kebetulan tidak ada air sama sekali," terangnya

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung Barat Duddy Prabowo mengaku prihatin dengan adanya warga di Bandung Barat yang kesulitan memandikan jenazah akibat krisis air selama musim kemarau tahun ini. 

Dia mengemukakan, wilayah Kecamatan Cisarua masuk dalam kategori daerah yang sudah mengalami krisis air. Warga juga sudah mengajukan permintaan untuk dikirim air tangki.

"Daerah Cisarua memang sudah krisis air, kami pun sudah mengirimkan dua tanki air ke sana. Sampai saat ini sudah 10 kecamatan yang mengalami krisis air bersih di KBB, termasuk Kecamatan Cisarua," kata Duddy.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar