Trem Belanda Mahal, Bima Arya Pilih Buatan Lokal

  Jumat, 27 September 2019   Husnul Khatimah
Wali Kota Bogor, Bima Arya. (Husnul Khatimah/Ayobogor.com)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM--Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan Pemerintah Kota Bogor terus memantapkan rencana pembangunan trem. Teranyar pihaknya mendapatkan opsi baru untuk menggunakan trem buatan PT. INKA.

Opsi menggunakan trem buatan dalam negeri ini dilirik oleh Pemkot Bogor karena menimbang mahalnya ongkos untuk mendatangkan trem hibah dari Belanda.

AYO BACA : Pemerintah Belanda Tawarkan 24 Unit Trem untuk Bogor

"Trem itu bisa kita gunakan yang dihibahkan dari Belanda tetapi harus kita hitung ongkos untuk mendatangkannya tidak gratis, nah ada opsi lain trem-nya dibuat oleh PT Inka," ujar Bima, Jumat (27/9/2019).

Dia mengatakan PT. INKA tidak hanya bisa memproduksi trem namun juga bisa membangun sarana dan prasarana seperti rel atau stasiun pemberhentian. Oleh sebab itu kemungkinan besar Pemkot akan mengandeng PT INKA untuk membangun prasarana trem.

AYO BACA : Dedie Rachim Uji Coba Trem Baterai

"PT INKA bisa membangun insfrastruktur prasaranya, malahan sudah dilakukan semacam studi pendahuluan dan sudah digambarkan koridornya ada dimana dan koridor pertamanya akan kita prioritaskan dulu untuk antisipasi masuknya LRT," ungkap Bima.

Sementara itu mengenai trem buatan mana yang akan digunakan Bima menegaskan bahwa pihaknya belum memutuskannya namun yang pasti trem buatan PT INKA akan dapat menghemat biaya.

"Sekarang yang harus segera diputuskan itu hitungan kebutuhan pembiayaan dan darimana pembiayaannya. Kalau dari PT INKA bisa menggunakan APBD, tapi yang lebih penting kita sudah mulai prosesnya, masalah tremnya darimana itu nanti sambil jalan," tukas Bima.

AYO BACA : Bogor Mulai Kaji Kelayakan Pengoperasian Trem

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar