Jamu Vietnam Selasa Malam, Timnas Indonesia Wajib Menang

  Selasa, 15 Oktober 2019   Andres Fatubun
Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy. (@PSSI)

JAKARTA, AYOBOGOR.COM -- Timnas Indonesia siap melakoni pertandingan keempat di Grup G melawan Vietnam pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, Selasa (15/10/2019) malam.

Laga ini berstatus laga kandang, sebagaimana Timnas Senior Indonesia akan menjamu Vietnam di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Timnas Indonesia mau tak mau memang harus meraup poin penuh kali ini. Sebagaimana diketahui, skuat Garuda masih nirpoin dari tiga laga Grup G yang sudah dijalani.

Timnas Indonesia kalah dari Malaysia 2-3 serta kalah 0-3 dari Thailand saat bermain home di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Teranyar, Beto Goncalves dan kolega takluk 0-5 dari tuan rumah Uni Emirat Arab (UEA) saat bertolak ke Dubai pekan lalu.

Kekalahan telak tersebut tentu kian memperkecil kans Indonesia untuk lolos ke putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, bahkan putaran final Piala Asia 2023.

Membidik poin penuh perdana, Timnas Indonesia sendiri sejatinya punya rekor yang cukup bagus menghadapi Vietnam. Dari 10 pertemuan terakhir, skuat Garuda masih unggul atas sesama negara ASEAN tersebut. 

Akan tetapi, pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy tidak melihat rekor bagus tersebut sebagai sebuah keuntungan buat timnya.

Pasalnya, menurut pelatih berpaspor Skotlandia itu, Vietnam saat ini berbeda dari sebelumnya.

"Kami tidak bisa bicara rekor, itu berarti hanya berharap adanya keberuntungan di laga nanti dan kami tidak berharap hal itu. Kita tidak boleh terlena dengan rekor bagus lawan Vietnam," celoteh McMenemy jelang laga.

Bermain di depan publik sendiri tentu akan meningkatkan motivasi para pemain Timnas Indonesia. Ini seperti dirasakan oleh salah satu pemain andalan skuat Garuda, Stefano Lilipaly. 

Apalagi, Stadion Kapten I Wayan Dipta tidaklah asing buat gelandang serang naturalisasi berusia 29 tahun itu.

Seperti diketahui, Stadion Kapten I Wayan Dipta merupakan markas dari Bali United, klub tempat Lilipaly bernaung saat ini. 

"Menurut saya sama saja mau main di Surabaya, Jakarta, atau Bali karena masih sama-sama di Indonesia. Masih sama-sama main home," ujar Lilipaly.

"Tapi, mungkin bedanya buat saya adalah ini adalah stadion saya, saya sering main di sini. Saya tahu lapangannya seperti apa, dan saya tahu suporter Bali seperti apa," sambung pemain berdarah Belanda itu.

Di sisi lain, Vietnam sendiri tentu tidak akan memberikan kemenangan mudah untuk Indonesia.

Tim asuhan Park Hang-seo bahkan bertekad mencuri poin penuh dari Indonesia. Oleh karenanya, persiapan matang pun sudah dilakukan. 

"Semua pemain siap. Kami sudah melakukan persiapan maksimal untuk laga besok," sesumbar penyerang Vietnam, Nguyen Van Toan.

"Saya sendiri akan bekerja keras untuk mendapatkan tiga poin dari pertandingan melawan Indonesia," pungkasnya.

Saat ini, Indonesia masih berada di dasar klasemen sementara Grup G dengan nirpoin dari tiga laga yang telah dijalani.

Sementara itu, Vietnam telah mengumpulkan empat poin meski baru melakoni dua pertandingan, dan saat ini bercokol di posisi ketiga.

Thailand ada di posisi kedua klasemen sementara Grup G, juga dengan empat poin dari dua laga, sementara UEA kukuh di puncak dengan poin sempurna enam dari dua pertandingan yang telah dijalani. 

Prakiraan Susunan Pemain 
Timnas Indonesia (4-2-3-1): Wawan Hendrawan; Putu Gede, Otavio Dutra, Hansamu Yama, Ricky Fajrin; Manahati Lethusen Evan Dimas; Riko Simanjuntak, Stefano Lilipaly, Irfan Bachdim; Alberto Goncalves
Pelatih: Simon McMenemy (Skotlandia)
 
Timnas Vietnam (4-2-3-1): Van Lam; Que Ngoc, Bui Tien, Duy Manh, Doan Van; Nguyen Trong, Nguyen Tuan; Nguyen Quang, Nguyen Cong, Do Hung; Nguyen Van.
Pelatih: Park Hang-seo (Korea Selatan)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar