Gedung DPRD Kota Bogor Ambruk, Bima Arya Geram Sebut Kualitas Bangunan Buruk

  Minggu, 27 Oktober 2019   Husnul Khatimah
Wali Kota Bogor, Bima Arya meninjau lokasi ambruknya dinding bagian atas gedung baru Dewan Perwakilan Rakkyat Daerah (DPRD) Kota Bogor. (Husnul Khatimah/Ayobogor.com)

TANAH SAREAL, AYOBOGOR.COM -- Wali Kota Bogor, Bima Arya dibuat geram dengan ambruknya dinding bagian atas gedung baru Dewan Perwakilan Rakkyat Daerah (DPRD) Kota Bogor.

Bima mengatakan angin kencang dan hujan deras yang disebut-sebut sebagai penyebab runtuhnya dinding tidak bisa dijadikan sebagai alasan. 

AYO BACA : Dinding Atas Gedung Baru DPRD Kota Bogor Ambruk

"Bogor ini kan kota hujan, frekuensi hujan, angin, petir dan lain-lain itu sudah seharusnya dihitung. Jadi gak ada itu alasan karena hujan, karena angin. Yang kami lihat di sini justru kualitas fisik bangunannya yang memang sangat buruk," ujar Bima, Minggu (27/10/2019).

Dia menduga gedung yang baru diresmikan sekira 2 bulan yang lalu itu pada beberapa bagian bangunan tidak dikerjakan secara baik sehingga mudah runtuh.

AYO BACA : Atang Trisnanto Jabat Ketua DPRD Kota Bogor

"Makanya kena angin sedikit ya bisa goyang, bisa ambruk. Kita lihat enternitnya tadi tidak ditunjang oleh pilar-pilar kuat, penyangga yang kuat. Alhamdulillah (ambruk) itu terjadi ketika tidak ada kegiatan. Bisa dibayangkan ketika ada paripurna disitu, pas di atas kita ambruknya," kata Bima.

Menindaklanjuti hal itu sambung Bima, pihaknya melalui Dinas Perumahan dan Permukiman akan melakukan kajian menyeluruh untuk memeriksa seluruh bagian bangunan termasuk mencari tahu apakah adanya pelanggaran dalam proses pembangunan.

"Perumkim akan segera turun mendalami ini, berkoordinasi dengan pihak-pihak yang diperlukan nantinya. Yang kedua kita juga akan lihat dokumen-dokumen perencanaan pembangunan seperti apa, kalau ada temuan di situ nanti kedepannya pasti Pemkot gak akan tinggal diam. Pemkot akan ngambil langkah-langkah. Sekarang kita lihat dulu, apakah ada pelanggaran atau tidak," kata Bima.

AYO BACA : Bekas Gedung DPRD Bakal Disulap Jadi Perpustakaan Modern

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar