Cuaca Buruk, Dua Kejadian Longsor Terjang Bogor

  Senin, 24 Februari 2020   Husnul Khatimah
Salah satu rumah terdampak longsor di Kota Bogor. (Ayobogor.com/Husnul Khatimah)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Hujan yang mengguyur kawasan Bogor belakangan ini membuat dua titik di Kota Bogor dilanda longsor, Senin (24/2/2020).

Lokasi longsor pertama berada di Kelurahan Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat. Longsor menerjang rumah salah seorang warga sehingga menyebabkan terjadinya retakan pada bangunan.

Lokasi longsor selanjutnya di Kampung Babakan Perumnas, Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur. Akibatnya tebing penahan tanah di pinggir Kali Ciliwung setinggi 21 meter ambrol, hingga mengakibatkan rumah kontrakan milik warga terbawa longsor.

"Bagian rumah kontrakan yang terbawa longsoran adalah bagian kamar yang sudah dikosongkan," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor, Priyatnasyamsah saat dikonfirmasi Ayobogor.com.

Dia mengatakan tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian di dua TKP longsor.

"Longsor itu disebabkan cuaca buruk berupa hujan yang melanda kota Bogor," ungkap Priyatna.

Dia mengimbau agar warga tetap waspada disaat cuaca cuaca buruk yang masih akan terjadi di kawasan Bogor.

"Warga lebih berhati-hati aja. Misal kalau hujan jangan berteduh di bawah pohon yang rindang," katanya.

Sementara itu BMKG sendiri memprediksi cuaca buruk akan terjadi di Bogor hingga 28 Februari. Berdasarkan pantauan BMKG, terdapat bibit siklon tropis di Samudera Hindia sebelah selatan NTB. Ini mendorong terbentuknya kawasan konvergensi (pumpunan angin) memanjang dari Sumatera Selatan hingga selatan Jawa Barat.

"Kondisi ini menyebabkan wilayah Bogor diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang, terutama angin kencang ini dapat dirasakan di dataran tinggi di Bogor Selatan. Kondisi ini diprakirakan masih bertahan hingga 5 hari ke depan," ujar Kepala Stasiun Meteorologi Citeko, Asep Firman Ilahi.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar