Tahu Madu Mentah? Ini 6 Manfaatnya

  Jumat, 20 November 2020   Redaksi AyoBandung.Com
ilustrasi madu. (unsplash.com/jeztimms)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Sejak dulu madu mentah sering digunakan sebagai obat tradisional karena memiliki berbagai manfaat kesehatan dan penggunaan medis. Bahkan sampai sekarang di beberapa rumah sakit, madu mentah masih dijadikan sebagai pengobatan. Khusus untuk madu mentah, bukan yang sudah dipasteurisasi.

Sebagian besar madu yang Anda temukan di toko, sudah dipasteurisasi. Akibatnya nutrisi yang terkandung di dalam madu, ikut hancur dalam proses pasteurisasi madu tersebut.

Jika Anda tertarik untuk mencoba madu mentah, belilah dari produsen lokal tepercaya. Dilansir dari Healthline, berikut beberapa manfaat kesehatan yang ditawarkan madu mentah:

1. Sumber antioksidan yang baik

Madu mentah mengandung zat yang bertindak sebagai antioksidan. Beberapa jenis madu memiliki antioksidan sebanyak buah dan sayuran. Antioksidan membantu melindungi tubuh Anda dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

Radikal bebas berpengaruh pada penuaan dan perkembangan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa antioksidan dalam madu yang disebut polifenol dapat berperan dalam mencegah penyakit jantung.

2. Antibakteri dan antijamur

Secara alami madu mentah mengandung hidrogen peroksida sebagai antiseptik. Penelitian telah menunjukkan bahwa madu mentah dapat membunuh bakteri dan jamur.  Tetapi, efektivitasnya sebagai antibakteri atau antijamur tergantung pada madunya.

3. Menyembuhkan luka

Madu mentah dalam medis digunakan untuk mengobati luka karena terbukti menjadi pembunuh kuman yang efektif dan juga membantu regenerasi jaringan.

Studi menunjukkan bahwa madu mentah dapat mempercepat waktu penyembuhan dan mengurangi infeksi. Ingatlah bahwa madu yang digunakan di rumah sakit adalah madu kelas medis, artinya sudah diinspeksi dan steril. Bukan ide baik untuk merawat luka dengan madu yang Anda beli dari toko.

4. Pembangkit tenaga fitonutrien

Fitonutrien dalam madu mentah memiliki fungsi sebagai antioksidannya, serta kekuatan antibakteri dan antijamur. Senyawa itu pula yang menunjukan bahwa madu mentah memiliki manfaat sebagai peningkat kekebalan tubuh dan antikanker. Pemrosesan yang berat menghancurkan nutrisi yang berharga ini.

5. Bantuan untuk masalah pencernaan

Madu mentah juga memiliki manfaat mengatasi masalah pencernaan, seperti diare, meskipun tidak banyak yang meneliiti tentang ini, tetapi terbukti efektif sebagai pengobatan untuk bakteri Helicobacter pylori (H. pylori).

6. Meredakan sakit tenggorokan

Madu mentah juga termasuk obat sakit tenggorokan. Tambahkan kedalam teh lemon panas saat flu menyerang Anda.

Ini juga bekerja sebagai pereda batuk. Penelitian menunjukkan bahwa madu mentah sama efektifnya dengan dekstrometorfan, bahan umum dalam obat batuk yang dijual bebas. (Ariel Teguh Nurahman)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar