Kebutuhan Vaksin Jabar Capai 30,4 Juta Dosis

  Rabu, 06 Januari 2021   Nur Khansa Ranawati
Ilustrasi simulasi vaksinasi Covid-19 (Ayobandung.com)
BANDUNG, AYOBOGOR.COM -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah mendata total kebutuhan vaksin Covid-19  bagi warga Jabar. Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum menyebutkan, kebutuhan vaksin Jabar mencapai 30,4 juta dosis.
 
Dikutip dari Ayobandung.com, Uu mengatakan, dosis vaksin tersebut akan dipenuhi lewat penganggaran pemerintah pusat dan belanja daerah. Sejauh ini, Jabar mendapat jatah vaksin sebanyak 15,4 juta dosis dari pemerintah pusat.
 
"Insyaallah pertengahan Januari informasi terakhir, vaksin akan datang. Jabar kebagian 15,4 juta vaksin yang akan diterima. Sementara kebutuhan yang kami laporkan ke Jakarta yaitu sekitar 30,4 juta vaksin," ungkap Uu dalam konferensi pers di Mapolda Jabar yang disiarkan secara daring, Selasa (22/12/2020).
 
Namun, dia mengatakan, sebanyak 15 juta dosis vaksin tersebut nantinya tidak akan diberikan sekaligus secara serentak. Vaksin akan diberikan secara bertahap sesuai dengan skala prioritas penerima yang telah dipetakan.
 
"Tapi ini tidak semua dilaksanakannya, yang 15 juta ini tidak sekaligus habis tapi ada waktunya," ungkap Uu.
 
"Jadi untuk menambah yang setengahnya lagi, kita bisa antisipasi dengan cara yang biasa kita lakukan," jelasnya.
 
Dia mengatakan, saat ini pemerintah pusat pun telah meminta daerah untuk menganggarkan belanja vaksin. Saat ini, Pemprov Jabar masih menunggu petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis terkait pengadaan vaksin tersebut.
 
"Secara lisan bapak presiden sudah menyampaikan bahwa kabupaten/kota dan provinsi untuk menganggarkan belanja vaksin ini. Tapi kita masih menunggu secara tertulis juklak juknisnya, bukti fisik itu bisa dipertanggungjawabkan," ungkapnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar