Sungai Cibalok Depan Istana Bogor Dinormalisasi

  Minggu, 10 Januari 2021   Husnul Khatimah
Sungai Cibalok Depan Istana Bogor Dinormalisasi (Dok. Pemkot Bogor)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor terus melakukan normalisasi sungai, kali ini upaya yangb dilakukan yakni bebersih sungai Cibalok yang titiknya tepat berada di depan pintu Istana Bogor.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim mengatakan pemilihan bebersih sungai Cibalok pun bukan tanpa alasan. Pasalnya, melihat data yang ada, Sungai Cibalok merupakan bagian dari cagar budaya. 

AYO BACA : 20 Daerah di Jabar Terapkan PSBB Proporsional

"Jadi harus ada perhatian khusus untuk aliran sungai Cibalok, apalagi sungai yang lagi kami tata dan bersihkan ini tepat berada di depan Istana Bogor," ujar Dedie, usai bebersih sungai Cibalok, Sabtu (9/1/2021).

Dedie mengatakan, di titik tepat aliran sungai cibalok keluar dari Istana Bogor ini pihaknya akan melakukan penataan. Penataan ini agar area di sekitar Istana Bogor tetap terjaga kelestariannya dan menambah keindahan yang nantinya bisa dinikmati bersama untuk wisata alam.

AYO BACA : TIm Gabuungan Temukan Serpihan Pesawat Sriwijaya

"Sambil duduk atau sambil lari bisa sembari melihat kebersihan sungai cibalok yang tentunya akan membuat senang karena indah dan bersih," katanya. 

Ia menerangkan, saat ini pihaknya sedang berusaha membuat seluruh aliran sungai di Kota Bogor kembali normal. Meski begitu diakuinya, ada tantangan yang harus dihadapi, pasalnya hampir seluruh aliran sungai dan anak sungai di Kota Bogor kondisinya dipenuhi sedimentasi dan sampah.

"Sampah ini menjadi salah satu penyebab utama tersumbatnya aliran sungai di Bogor dan kalau hujan deras terjadi genangan yang cukup lama. Kami terus-menerus mengingatkan masyarakat agar jangan buang sampah sembarangan," tegasnya.

Normalisasi sungai sudah lebih dari satu tahun dilakukan Pemkot Bogor. Paling krusial, yakni sungai Cibalok karena selain sebagai cagar budaya juga ada rencana penataan keseluruhan wilayah Suryakencana, GG Aut, Jalan Roda, Jalan Pedati, Jalan Lawang seketeng. Penataan dimulai dengan menata saluran airnya karena akan percuma membuat pedestrian jika saluran airnya belum ditangani. 

"Mudah-mudahan kedepan aliran sungai dan anak sungai di Kota Bogor bisa lebih baik lagi, ini secara bertahap di banyak titik Kota Bogor," katanya.

AYO BACA : Ridwan Kamil Terbitkan Surat Edaran PPKM

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar