Tekan Harga Ayam Potong dan Bawang, Pemkot Bogor Libatkan Ciamis dan Brebes

  Jumat, 16 April 2021   Yogi Faisal
Tekan Harga Ayam Potong dan Bawang, Pemkot Bogor Libatkan Ciamis dan Brebes

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR - Masuki hari ketiga ramadan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor terus memantau ketersedian bahan pokok di sejumlah pasar tradisional. Hal tersebut dilakukan demi mengantisipasi kelangkaan bahan pokok, dan mengantisipasi melonjaknya harga komoditi di sejumlah pasar tradisional.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan, sejauh ini harga komoditi bahan pokok di pasaran masih tergolong aman. Meskipun ada sejumlah komoditi pangan mengalami peningkatan harga, namun peningkatan harga tersebut masih tergolong di batas wajar.

"Alhamdulillah semuanya terjaga secara memadai. Kemudian untuk harga juga tidak ada lonjakan berarti akan tetapi tetap kita harus awasi semuanya untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan barang," katanya, Jumat 16 April 2021.

Untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok di pasaran, Pemkot Bogor berencana bakal menggelar operasi psar. Selain itu, pihaknya juga bakal rutin melakukan pemantauan, untuk memastikan tidak ada indikasi penimbunan yang dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggungjawab.

Selain itu, Pemkot juga berencana bakal bekerjasama dengan daerah lain, untuk menanggulangi potensi melambungnya harga komoditi pangan di pasaran, jelang hari raya idul fitri.

"Misalnya, kita akan bekerjasama dengan pemerintah Ciamis untuk memenuhi kebutuhan ayam potong di pasar-pasar tradisional di Kota Bogor. Kita juga akan bekerjasama dengan Kabupaten Brebes untuk menjaga pasokan bawang Kota Bogor," ucapnya.

Pemkot Bogor juga berencana bakal melakukan edukasi kepada masyarakat, agar membeli kebutuhan secukupnya.

"Kita harus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, agar masyarakat juga membeli barang tidak dalam jumlah yang berlebihan, tetapi juga sesuai dengan kebutuhan. Serta bukan dalam konteks untuk mengambil keuntungan pribadi untuk ditimbun kemudian untuk di jual kembali ke tempat lain," bebernya.

Berdasarkan laporan yang diterima pihaknya, setidaknya ada lima komoditas pangan yang menjadi perhatian Pemkot Bogor. Yakni, daging sapi, ayam potong, telur, cabai dan bawang.

"Makannya untuk mengantisipasi lonjakan harga pada lima komoditi ini, kita akan lakukan operasi pasar, pemantauan, edukasi kepada masyarakat, hingga bekerjasama dengan daerah lain untuk memenuhi stok lima komoditi itu. Agar harga di pasaran tetap stabil dan stok tetap terjaga," tutupnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar