Kontrak Habis, Operasional Rumah Sakit Lapangan Kota Bogor Disetop

  Senin, 19 April 2021   Yogi Faisal
Operasional Rumah Sakit Lapangan Kota Bogor Disetop (Pemkot Bogor)

TANAHSAREAL, AYOBOGOR - Sejak beroprasi pada 18 Januari 2021, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akhirnya menghentikan sementara operasional Rumah Sakit Lapangan (RSL) di komplek Gor Padjajaran Kota Bogor mulai Senin 19 April 2021.

Kebijakan tersebut diambil lantaran kontrak operasional RSL Kota Bogor berakhir pada Minggu 18 April 2021 kemarin.

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, sejak beroprasi, RSL Kota Bogor telah merawat 346 orang pasien dengan gejala ringan selama tiga bulan beroperasi. Dimana 298 diantaranya dinyatakan sehat.

“Ada 346 orang yang dirawat di sini, 298 dinyatakan sehat, sisanya dirujuk tapi dinyatakan sehat. Juga tidak ada yang meninggal di sini,” katanya Senin 19 April 2021.

Selain habisnya kontrak operasional, dinonaktifkannya RSL Kota Bogor lantaran bed occupancy rate (BOR) di Kota Bogor termasuk dalam kategori aman berdasarkan WHO.

"Saat ini, kata Bima Arya, BOR Kota Bogor berada di angka 32,9 persen atau di bawah standar WHO. Sehingga, kebutuhan tempat tidur untuk isolasi pasien Covid-19 bisa tercukupi di fasilitas kesehatan dan rumah sakit rujukan yang ada," ucapnya.

Meski demikian, lanjutnya, izin operasi RSL Kota Bogor bisa diaktifkan lagi tergantung kebutuhannya. Namun, Bima Arya berharap tidak ada lonjakan kasus lagi ke depannya.

“Kalau tidak ada kebutuhan maka tidak akan dilanjutkan. Kalau ada lonjakan RSL akan kembali dibutuhkan,” tuturnya.

Saat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor masih terus berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait keberadaan RSL.

Bima Arya mengatakan, BNPB akan melakukan evaluasi dan asesmen secara administratif.

“Saat ini juga kita terus berkoordinasi dengan BNPB. Nantinya BNPB yang akan melakukan evaluasi dan asesmen secara administratif, direview oleh inspektorat, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), disampaikan nanti ke BNPB, nah BNPB akan sama-sama mengkaji,” tutupnya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar