Perhatikan 4 Langkah Ini Agar BLT UMKM Rp1,2 Juta Bisa Cair

  Jumat, 23 April 2021   Yogi Faisal
Kepala Bidang UMKM pada Dinas Koperasi dan UKM Kota Bogor R Medi Sandora saat memberikan penjelasan kepada para pelaku UKM.

TANAHSAREAL, AYOBOGOR - Dibuka pada Senin 5 April 2021, pendaftaran Bantuan Langsung Tunai (BLT), dari program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Mikro (UKM) bakal berakhir hari ini.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Koperasi dan UKM, bagi para pelaku yang sudah mendaftarkan dirinya sebagai penerima BLT UKM, bakal mendapatkan bantuan sebesar Rp1,2 juta rupiah.

Setidaknya ada empat langkah yang mesti diketahui calon penerima bantuan, sebelum nantinya bakal melakukan pencairan dana. 

1. Mendapatkan notifikasi

Bagi calon penerima atau pendaftar yang sudah dinyatakan lolos verifikasi sistem sebagai penerima BLT UMKM, secara otomatis bakal mendapatkan notifikasi resmi dari lembaga penyalur melalui pesan teks atau panggilan telefon.

Lembaga penyalur resmi BLT UMKM merupakan Bank yang berbentuk (Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Bank Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan PT Pos.

2. Menyiapkan dokumen

Selain mendapatkan notifikasi, calon penerima atau pendaftar yang sudah dinyatakan lolos verifikasi sistem sebagai penerima BLT UMKM, juga harus melampirkan dokumen pendukung. Seperti E-KTP, Foto copy Nomor Induk Berusaha (NIB) atau Surat Keterangan Usaha (SKU), hingga melampirkan Kartu Keluarga (KK)

3. Melakukan konfirmasi

Calon penerima atau pendaftar yang sudah dinyatakan lolos verifikasi sistem sebagai penerima BLT UMKM, juga mesti melakukan konfirmasi kembali kepada pihak-pihak terkait. Seperti pihak penyalur resmi maupun dinas terkait.

4. Memulai tahapan pencairan

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, tiba saatnya bagi calon penerima atau pendaftar yang sudah dinyatakan lolos verifikasi sistem sebagai penerima BLT UMKM, melakukan pencairan bantuan sesuai arahan dari pihak penyalur.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Koperasi dan UKM, bantuan Rp1,2 juta tersebut murni menjadi hak penerima. Tidak ada potongan atau biaya administrasi yang dikenakan pada saat pencairan.

Bagi masyarakat yang merasa mengalami pemotongan BLT UMKM oleh oknum-oknum tidak bertanggungjawab, atas dalih biaya administrasi atau biaya pencairan. Harap segera melaporkan kejadian tersebut kepada pihak berwenang, melalui Call Center 1500587, atau WhatsApp ke nomor 08111450587.

Kepala Bidang UMKM pada Dinas Koperasi dan UKM Kota Bogor R Medi Sandora mengatakan, bagi pelaku UKM Kota Bogor yang merasa sudah melakukan pendaftaran dan pengisian formulir calon penerima bantuan, bisa memastikan statusnya secara langsung, apakah sudah terdaftar sebagai calon penerima bantuan atau belum.

"Bagi masyarakat yang ingin memastikan statusnya, bisa langsung mengakses https://eform.bri.co.id/bansos/penerima_bpum untuk memastikan statusnya, apakah sudah terdaftar sebagai penerima atau belum," tutupnya.

 
   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar