Tok... Warga Jabodetabek Dilarang Total Mudik Lebaran

  Jumat, 07 Mei 2021   Yogi Faisal
Ilustrasi/ Yogi Faisal

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR - Pemerintah pusat kembali merubah kebijakan soal pelarangan mudik lebaran di tahun ini.

Jika sebelumnya masyarakat yang berada dalam satu hamparan yang terdiri dari beberapa kota dan kabupaten (Aglomerasi) diperkenankan hilir mudik lintas wilayah, namun kali ini masyarakat tidak diperbolehkan untuk melakukan perjalanan.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2021, secara umum mudik lebaran memang dilarang termasuk untuk wilayah aglomerasi.

"Acuan kita adalah Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2021, yang menyebutkan mudik dilarang total. Semuanya, termasuk wilayah aglomerasi. Artinya Jabodetabek tetap dilarang mudik," katanya, Jumat 7 Mei 2021.

Yang diperbolehkan mobilitas pada masa pelarangan mudik lebaran yakni hal-hal yang berkenaan dengan kegiatan non mudik. Seperti urusan pekerjaan, tugas, sesuatu yang darurat, hingga hal-hal mendesak lainnya yang diperbolehkan oleh Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2021.

"Karena mudik ini berpotensi untuk meningkatkan penularan, termasuk silaturahmi antar keluarga. Makannya pemerintah menghimbau agar tidak mudik dulu. Tapi kalau urusan pekerjaan, hingga hal-hal mendesak lainnya yang diperbolehkan oleh Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2021 diperbolehkan. Asal bukan mudik lebaran," tegasnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar