Hasil Inggris vs Kroasia Piala Eropa 2020: Siap Cetak Gol, Kane atau Modric?

  Minggu, 13 Juni 2021   Eries Adlin
Hasil Inggris vs Kroasia Piala Eropa 2020: Siap Cetak Gol, Kane atau Modric? (ilustrasi)/thefa.com

TEBET, AYOBOGOR – Tidak berlebihan sepertinya untuk mengatakan hasil pertandingan Inggris vs Kroasia, salah satunya ditentukan oleh dua kapten yang juga pemain kunci timnas masing-masing. Harry Kane dan Luka Modric.

Sesuai dengan jadwal, pertandingan akan digelar Minggu 13 Juni 2021 pukul 20.00 WIB di Stasiun Wembley, London. Hasil Inggris vs Kroasia juga bisa menjadi penentu siapa yang bakal lolos mewakili Grup D Euro 2020.

Pasalnya, kedua timnas merupakan unggulan. Dua negara lagi yang bergabung di grup tersebut adalah Skotlandia dan Republik Ceko.

Hasil Pertandingan

(Menunggu kick off)

PREVIEW (suaraa.com)

Inggris vs Kroasia akan menjadi laga pembuka Grup D Euro 2020 yang diperkirakan bakal memiliki persaingan cukup ketat. Pasalnya, selain Inggris dan Kroasia, dua tim lainnya di grup ini adalah Ceko dan Skotlandia yang juga relatif cukup kuat.

Inggris dan Skotlandia berkesempatan menjadi tuan rumah di kandang masing-masing dalam pertandingan mereka di grup ini, lantaran stadion milik mereka sudah ditunjuk jadi venue jauh sebelumnya. Tentu ini akan jadi keunggulan tersendiri atau setidaknya faktor penambah semangat, termasuk bagi Inggris dalam laga perdananya yang dimainkan di Stadion Wembley ini.

Jika faktor tuan rumah adalah satu hal, maka pertimbangan lain yang membuat banyak orang lebih mengunggulkan Inggris dalam laga kontra Kroasia ini adalah performa kekinian mereka. Inggris tercatat selalu menang dalam beberapa penampilan terakhir mereka, bahkan hanya kebobolan 1 gol dan mencetak 11 gol di lima pertandingan terbarunya.

Inggris memang masih bisa disebut sebagai salah satu favorit juara untuk ajang Euro 2020 ini. Ditambah kenyataan bahwa mereka akan bermain di hadapan publik sendiri di stadion kebanggaan (Wembley) yang juga kerap disebut-sebut sebagai "stadion keramat" mereka, bahkan pelatih Kroasia pun tidak menampik bahkan mengakuinya.

"Inggris adalah salah satu tim favorit untuk menjuarai Euro 2020 (ini). Mereka memiliki tim yang hebat, banyak pemain top, terutama dalam penyerangan. Kami butuh menghentikan mereka dan itu tak akan mudah, khususnya lagi di Wembley," ungkap Zlatko Dalic, pelatih timnas Kroasia, sebagaimana dikutip dari UEFA.com.

Namun laga belum dimulai dan jalan masih panjang. Apalagi seperti diketahui, calon-calon lawan Inggris di Grup D Euro 2020 ini pun tidak akan mudah dikalahkan. Termasuk Kroasia, yang sebagaimana diakui banyak pihak adalah tim yang punya kekompakan dan semangat juang tinggi, serta bisa menghadirkan kejutan sebagaimana saat mereka melaju ke final Piala Dunia 2018 lalu.

"Kami jelas harus merasakan kekecewaan (saat bertemu) di Moskow (Piala Dunia 2018). Dan kami telah menjalani dua duel ketat (lawan Kroasia) sejak itu," kata manajer Inggris, Gareth Southgate, seperti ditulis UEFA.com.

"Mereka adalah tim yang sangat berpengalaman, dengan pemain-pemain hebat, mentalitas kuat, semangat luar biasa, dan dapat beradaptasi secara taktik. Jadi mereka benar-benar jadi tantangan besar buat kami di laga perdana ini. Tapi kami juga tahu bahwa kami pernah dan bisa mengalahkan mereka," tambahnya.

Kroasia memang punya banyak pemain hebat. Salah satunya adalah Luka Modric, gelandang Real Madrid yang di Piala Dunia 2018 lalu itu pun akhirnya terpilih sebagai Pemain Terbaik. Kapten Kroasia ini bahkan berlanjut menerima beberapa gelar lain seperti Pemain Terbaik UEFA 2017–18, Pemain Terbaik FIFA 2018, Ballon d'Or 2018, hingga Golden Foot 2019 dan seterusnya.

Dengan visi bermainnya ditambah skill bola yang mumpuni, Modric yang kemungkinan akan ditemani Ante Rebic dan Ivan Perisic, dua pemain yang juga hebat, masih bakal ditopang pula oleh Marcelo Brozovic dan Mateo Kovacic di sekitarnya. Mereka dapat bergerak dalam satu irama namun juga terkadang lewat aksi individu, dengan Bruno Petkovic berdiri sebagai ujung tombak utama.

Para pemain timnas Inggris saat merayakan gol mereka dalam laga uji coba melawan Rumania, 6 Juni 2021 lalu di Stadion Riverside, Middlesbrough, Inggris, dalam rangka persiapan jelang Euro 2020.

Di kubu Inggris, meski saat ini ada masalah pemain cedera --terutama pemain veteran Harry Maguire dan Jordan Henderson-- yang menyebabkan Southgate harus memilih opsi pemain pengganti, kekuatan mereka juga sebenarnya sudah cukup meyakinkan. Dan itu telah mereka buktikan dengan deretan kemenangan di beberapa penampilan terakhir Three Lions --julukan timnas Inggris.

Mengandalkan Harry Kane yang juga --seperti Modric-- menerima trofi di Piala Dunia 2018 lalu sebagai Pencetak Gol Terbanyak, lini serang Inggris memang pantas diwaspadai lawan-lawannya. Dalam laga kontra Kroasia ini, Kane yang juga kapten tim akan ditopang tiga pemain kuat, yaitu Raheem Sterling, Phil Foden dan Mason Mount, di mana sisi lainnya diperkirakan akan diisi oleh Kalvin Phillips dan Declan Rice.

Dapatkah Kroasia membalikkan posisi favorit dan mematahkan faktor keunggulan tuan rumah yang dimiliki Inggris? Ataukah Kane dan kawan-kawan yang akan terus melanjutkan tren hasil positifnya? Apa pun prediksinya, adu kekuatan kedua tim akan segera tersaji dan dapat segera disaksikan bersama nanti malam siapakah yang akan unggul di antara mereka.

Head to Head Inggris vs Kroasia (5 Duel Terakhir)

18 Nov 2018: Inggris vs Kroasia 2-1 (UEFA Nations League)

12 Oct 2018: Kroasia vs Inggris 0-0 (UEFA Nations League)

11 Jul 2018: Kroasia vs Inggris 2-1 (Piala Dunia)

09 Sep 2009: Inggris vs Kroasia 5-1 (Piala Dunia)

10 Sep 2008: Kroasia vs Inggris 1-4 (Piala Dunia)

Hasil 5 Pertandingan Terakhir

Inggris

06 Jun 2021: Inggris 1-0 Rumania (M)

02 Jun 2021: Ingrris 1-0 Austria (M)

31 Mar 2021: Inggris 2-1 Polandia (M)

28 Mar 2021: Albania 0-2 Inggris (M)

25 Mar 2021: Inggris 5-0 San Marino (M)

Kroasia

06 Jun 2021: Belgia 1-0 Kroasia (K)

01 Jun 2021: Kroasia 1-1 Armenia (S)

30 Mar 2021: Kroasia 3-0 Malta (M)

27 Mar 2021: Kroasia 1-0 Siprus (M)

24 Mar 2021: Slovenia 1-0 Kroasia (K)

Perkiraan Susunan Pemain Inggris vs Kroasia di Grup D Euro 2020

Inggris (4-2-3-1): 1-Jordan Pickford; 2-Kyle Walker, 5-John Stones, 15-Tyrone Mings, 21-Ben Chilwell; 1-Kalvin Phillips, 4-Declan Rice; 20-Phil Foden, 19-Mason Mount, 10-Raheem Sterling; 9-Harry Kane
Manajer: Gareth Southgate

Kroasia (4-2-3-1): 1-Dominik Livakovic; 2-Sime Vrsaljko, 21-Domagoj Vida, 5-Duje Caleta-Car, 3-Borna Barisic; 11-Marcelo Brozovic, 8-Mateo Kovacic; 10-Luka Modric, 17-Ante Rebic, 4-Ivan Perisic; 20-Bruno Petkovic
Pelatih: Zlatko Dalic

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar