Bupati Bogor Minta Semua Dinas Hemat Anggaran

  Jumat, 16 Juli 2021   Yogi Faisal
Bupati Bogor Minta Semua Dinas Hemat Anggaran (Dok. Pemkab Bogor)

CIBINONG, AYOBOGOR - Saat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor tengah menyusun rancangan Kebijakan Umum Anggaran – Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS). 

Bupati Bogor Ade Yasin meminta kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Bogor, untuk memilah dan memilih secara teliti, mana anggaran yang layak untuk dikeluarkan, mana anggaran yang layak untuk dicoret.

Menurutnya, dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti ini pemerintah harus jeli dalam menggunakan anggaran. 

"Oleh karena itu saya minta, anggaran yang tidak jelas dan program yang tidak begitu penting yang ada di dinas-dinas untuk dicoret dulu dan ditangguhkan," katanya, Jumat 16 Juli 2021.

Ade Yasin juga meminta kepada TAPD agar anggaran yang ada nantinya, mesti berpihak kepada masyarakat. Juga mesti langsung menyentuh masyarakat.

Bupati Bogor juga meminta, agar segala bentuk pelatihan, sosialisasi maupun rapat, yang rencananya bakal digelar di hotel agar ditangguhkan sementara waktu.

"Saya ingin penganggaran ini dilakukan secara konkret. Jadi kegiatan yang tidak terlalu urgent, seperti pelatihan yang tidak ada manfaatnya ditunda saja," ujarnya.

Dia pun mengingatkan para dinas untuk memaksimalkan ruang yang ada di perkantoran untuk memaksimalkan kinerja atau untuk melakukan pelatihan. 

"Jangan sampai, hanya membahas anggaran untuk dinas dilaksanakan di hotel. Padahal kantor punya ruang rapat yang cukup representatif. Akibatnya anggaran membengkak," kata dia.

“Oleh karenanya, hari ini saya ingatkan, sebelum disampaikan kepada DPRD, banyak yang perlu dicek. Seluruh perangkat daerah harus memperhitungkan potensi pendapatan dan mengalokasikan belanja kepada yang bersifat prioritas," tutupnya

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar