Kartu Prakerja Gelombang 18: Anggaran & Kuota Semester 2 Tahun 2021 Naik 2 Kali Lipat

  Senin, 19 Juli 2021   Eries Adlin
Kartu Prakerja Gelombang 18: Anggaran & Kuota Semester 2 Tahun 2021 Naik 2 Kali Lipat/instagram prakerja.go.id

TEBET, AYOBOGOR – Pemerintah menaikkan anggaran dan kuota untuk Program Kartu Prakerja pada semester II tahun ini sebagai bagian dari bantuan kepada masyarakat selama pandemi Covid-19. Namun, belum ada kabar tentang kapan Prakerja gelombang 18 akan dibuka.

Kepastian peningkatan anggaran dan juga kuota peserta Kartu Prakerja dalam enam bulan ke depan disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada konferensi pers virtual bertajuk Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat, Sabtu 17 Juli 2021.

Semula pemerintah menganggarkan Rp20 triliun untuk program Kartu Prakerja selama 2021 yang dibagi per semester Rp10 triliun. Dana tersebut, ujar Menkeu, ditambah menjadi Rp30 triliun selama tahun ini sehingga anggaran pada semester 2 mendapatkan jatah Rp20 triliun.

Target awal kuota dengan anggaran Rp20 triliun adalah 5,6 juta peserta. Dengan tambahan Rp10 triliun lagi pada semester II, kuota peserta dipatok naik menjadi 8,4 juta peserta atau bertambah 2,8 juta peserta.

Menurut Menkeu Sri Mulyani, penambahan anggaran dilakukan karena hasil survei menunjukkan bahwa program Kartu Prakerja terbukti membantu para pencari kerja atau yang terkena PHK selama pandemi.

Meski begitu belum ada keterangan resmi dari pemerintah tentang kapan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 18 akan dibuka.

Penerima Kartu Prakerja mendapatkan manfaat pelatihan yang nilainya Rp1 juta, insentif pelatihan Rp2,4 juta dengan rincian Rp600.000 per bulan selama 4 bulan, insentif Rp150.000 untuk tiga kali survei sehingga total manfaat setiap peserta adalah Rp3,55 juta.

Kalian yang ingin ikutan program dan mendapatkan bantuan silakan pelajari cara daftar dan upload KTP dengan baik biar lolos seleksi.

Kenapa cara daftar terutama terkait dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan upload KTP menjadi penting untuk mengikuti seleksi Kartu Prakerja gelombang 18? Pasalnya, kesalahan memasukkan NIK dan ketika mengunduh Kartu Tanda Penduduk sering menjadi penyebab calon peserta tidak lolos seleksi.

Sebagai persiapan seandainya kartu prakerja gelombang 18 dirilis pemerintah, ada baiknya kamu pelajari tanya jawab serta tips agar lolos tes dan seleksi Prakerja gelombang 18 seperti dilansir www.prakerja.go.id di bawah ini:

Apakah saya harus menjalani tes untuk mendapatkan bantuan dari Kartu Prakerja?

Iya, kamu harus mengikuti Tes Motivasi & Kemampuan Dasar pada situs resmi Kartu Prakerja untuk memenuhi keseluruhan proses pendaftaran.

Apakah tes mempengaruhi kelolosan saya?

Ya, tes merupakan salah satu komponen yang wajib kamu ikuti untuk mendaftar dan mendapatkan manfaat Kartu Prakerja.

Apakah tes mempunyai durasi atau batas waktu?

Tes Motivasi & Kemampuan Dasar berdurasi maksimal 25 menit. Kamu bisa menggunakan alat bantu (kertas, pensil/pulpen) untuk menyelesaikan soal tes.

Apa yang perlu saya siapkan sebelum tes?

Untuk membantu kamu, kamu bisa menyiapkan alat bantu (kertas, pensil/pulpen) untuk menyelesaikan soal tes.

Apakah seleksi Gelombang mempengaruhi kelolosan saya?

Tentu, setiap seleksi Gelombang mempunyai periode tertentu dan kuota. Pada saat kamu melakukan proses pendaftaran, jangan lupa untuk segera ikut seleksi Gelombang agar tidak ketinggalan kuota, ya!

Apakah setiap gelombang (batch) mempunyai kuota?

Ya, setiap Gelombang mempunya kuota untuk area dan periode tertentu. Kamu hanya bisa memilih Gelombang sesuai dengan domisili yang didaftarkan pada Kartu Prakerja. Cek dashboard akun kamu untuk cek Gelombang yang masih terbuka.

Kalau saya tidak dapat kuota Gelombang, apakah saya bisa ikut seleksi Gelombang berikutnya?

Tentu kamu boleh mengikuti seleksi Gelombang periode berikutnya. Di setiap Gelombang yang kamu pilih, kamu akan menerima notifikasi apakah kamu lolos atau tidak di dashboard akun kamu.

Jika saya gagal atau tidak lolos seleksi Gelombang apakah harus ulang lagi pendaftaran?

Tidak, jika gagal seleksi gelombang karena kuota habis, kamu dapat mengikuti seleksi periode Gelombang berikutnya. Tidak perlu mengulang lagi proses pendaftaran dari awal.

Bagaimana cara untuk tahu saya lolos atau tidak?

Pada tanggal pengumuman seleksi Gelombang, login ke akun kamu, lalu cek dashboard kamu. Jika lolos seleksi gelombang, kamu juga akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS. Kamu juga dapat melihat nomor Kartu Prakerja dan status saldo pada dashboard akun kamu. Jika tidak lolos, kamu akan mendapatkan notifikasi pada dasboard akun Kartu Prakerja kamu.

Jika tidak lolos, akan ada notifikasi “Kamu Belum Berhasil” pada dashboard akun kamu.

Jika saya tidak lolos gelombang, apakah saya harus melakukan pendaftaran ulang?

Kamu tidak perlu memasukkan semua data lagi untuk pendaftaran ulang. Jangan berkecil hati, kamu masih bisa memilih Gelombang berikutnya.

Lalu, bagaimanakah cara untuk menggunggah KTP di laman Kartu Prakerja yang baik dan benar? Berikut Ayojakarta rangkum tipsnya:

1. Foto KTP dengan pencahayaan yang cukup (tidak ada bayangan yang tertangkap kamera)

2. Potong file foto KTP dengan menyisakan bagian atas, bawah, kanan, kiri (agar diperlihatkan sisi dari tempat mengambil foto)

3. Jangan memotong file foto KTP mengikuti bentuk KTP

4. Sesuaikan ukuran file foto KTP dengan yang ditentukan

5. Jika ukuran file foto KTP lebih besar, agar mengubah ukuran terlebih dahulu (compress foto).

Berikut Ayojakarta rangkum cara mendaftar Kartu Prakerja:

• Masuk ke laman prakerja.go.id

• Masukkan nama lengkap, alamat e-mail, dan kata sandi

• Cek email masuk dari Kartu Prakerja untuk aktivasi. Setelah itu, kembali ke laman prakerja.go.id

• Masukkan e-mail dan kata sandi yang baru dibuat

• Masukkan nomor KTP dan tanggal lahir

• Klik tombol 'berikutnya'

• Isi data diri di form pengisian (nama lengkap, alamat e-mail, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP, lalu klik 'berikutnya'

• Masukkan nomor telepon dan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS oleh pihak Prakerja

• Mengisi tes motivasi selama 1 menit

• Tunggu email pemberitahuan setelah tes selesai dikerjakan

• Jika sudah mendapat e-mail pemberitahuan, kembali ke laman prakerja.go.id, dan klik pada tulisan 'gabung ke gelombang (sesuai gelombang) ' (jika sudah di buka).

Lalu, bagaimana cara bagi yang gagal di 2020 dan ingin kembali mendaftarkan diri di Kartu Prakerja tahun 2021? Berikut tata cara bagi peserta yang akan daftar kembali namun sudah mempunyai akun Kartu Prakerja:

• Masuk ke laman prakerja.go.id

• Masukkan email dan kata sandi yang sudah dibuat sebelumnya

• Menuju ke laman dashboard di profile Prakerja masing-masing

• Peserta dapat langsung klik 'gelombang 18' (jika sudah di buka).

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar