Sambil Menunggu Kejelasan PPKM Darurat, Pemkot Bogor Susun Strategi Penanganan Covid-19

  Senin, 19 Juli 2021   Yogi Faisal
Bima Arya (AyoBogor)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR - Satgas Covid-19 Kota Bogor menggelar evaluasi terkait pemberlakuan PPKM Darurat, yang sudah dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sejak dua pekan terakhir atau Sabtu 3 Juli 2021 lalu.

Ketua Satgas Covid-19 Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, evaluasi tersebut untuk mengetahui sejauh mana efektivitas penerapan PPKM Darurat di Kota Bogor, sambil merumuskan sejumlah kebijakan baru, mengingat PPKM Darurat bakal berakhir pada Selasa 20 Juli 2021 (besok).

"Terlepas apakah PPKM Darurat akan berlanjut atau tidak, dilanjut berapa lama, atau seperti apa, evaluasi tetap harus kami lakukan. Intinya kami akan berusaha menurunkan laju Covid-19 dengan beberapa langkah yang lebih tajam," katanya, Senin 19 Juli 2021.

Setidaknya Pemkot sudah menyiapkan sejumlah langkah untuk menekan potensi penyebaran Covid-19 di Kota Bogor, terlepas PPKM Darurat bakal diperpanjang atau tidak oleh pemerintah pusat.

Pertama, Pemkot Bogor akan melakukan penguatan kembali di 797 RW Siaga untuk mengendalikan Covid-19 di tingkat paling bawah. "Jadi pembatasan akan kami lebih ketat lagi mulai di tingkat RW, terutama RW zona merah,"ujarnya.

Kedua, Satgas Covid-19 bakal memberlakukan kembali ganjil genap menyesuaikan dengan kebijakan PPKM Darurat untuk menekan mobilitas masyarakat. "Kalau ini akan kami bahas lebih lanjut teknisnya seperti apa, sambil menunggu keputusan apakah PPKM Darurat bakal diperpanjang atau seperti apa," ungkapnya.

Sementara itu, Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan, memang pihaknya berencana bakal kembali memberlakukan sistem ganjil genap di sejumlah jalan protokol di Kota Bogor. Bahkan pihaknya sudah menyiapkan sejumlah titik penyekatan ganjil genap di sejumlah ruas jalan.

Kendati demikian, ia enggan berkomentar banyak mengenai hal tersebut. Sebab saat ini, pihaknya masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat terkait kepastian PPKM Darurat kedepan.

"Kami masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat soal PPKM Darurat. Jadi nanti kebijakan ganjil genap di Kota Bogor akan menyesuaikan dengan keputusan pemerintah pusat," tutupnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar